Berbicara mengenai persamaan orangutan dan perilaku manusia sepertinya sangat menarik untuk di bandingkan dan di simak persamaannya. Mari kita liat persamaannya seperti di bawah ini

Pertama, Persamaan Orangutan dengan koruptor = sama-sama dikandangkan.

Orangutan yang hidupnya di hutan, namun sering di pelihara atau di rehabilitasi atau di kebun binatang. Sedangkan para koruptor harus di kandangkan karena korupsi.

Kedua, Persamaan Orangutan dengan Politisi = sama-sama bisa bersuara tetapi tidak bisa mengerti apa arti dari suara yang mereka katakan.

Orangutan kegirangan dan berteriak-teriak di hutan karena hutannya sudah makin terkikis habis. Sedangkan Politisi berteriak-teriak yang katanya menyuarakan kepentingan orang banyak, tetapi terkadang dan sering berteriak untuk kepentingan mereka sendiri.


Ketiga, Persamaan Orangutan dengan Orang gila = sama-sama memiliki pusat rehabilitasi.

Orangutan yang direhabilitasi biasanya dikarenakan keadaan mereka memerlukan perhatian dari manusia. Biasanya orangutan yang direhabilitasi disebabkan karena mereka dipilihara oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau keadaan orangutan dalam keadaan terancam (terkena jerat pemburu) atau orangutan yang habitanya terhimpit oleh pembukaan lahan secara besar-besaran. Oleh sebab itu orangutan harus diselamatkan, selanjutnya harus direhabilitasi dan harus dilepaskan kembali ke habitat aslinya. Sedangkan orang gila harus di rehabilitasi

Keempat, Persamaan Orangutan dengan Pecandu = sama-sama ketergantungan.

Orangutan tidak bisa hidup tanpa hutan dan buah-buah, sedangkan para pecandu tidak bisa hidup tanpa (rokok, alcohol dll).

Kelima, Persamaan Orangutan dengan Penyakit berbahaya = sama-sama perlu karantina.

Orangutan dapat menyebarkan penyakit seperti Hepatitis dan TBC. Demikian juga manusia, apabila manusia terjangkit penyakit berbahaya maka harus dikarantina.

Keenam, Persamaan Orangutan dengan Orang Kampung (orang desa) = sama-sama makhluk hidup, sama-sama hidup di hutan dan sama-sama tergusur karena pembukaan lahan untuk pertambangan, perkebunan dan pembangunan.

Untuk itu, Orangutan dan Manusia memiliki kesamaan, maka sudah barang tentu kita manusia memiliki hak menyelamatkan orangutan. Mereka juga bagian dari Bumi ini, orangutan miliki hak untuk hidup di dunia ini, sama seperti manusia. Orangutan butuh hutan, manusia butuh hutan dan rumah sebagai tempat hidup. Semoga saja manusia mampu dan mau menghargai hak-hak orangutan karena sama-sama makhluk hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s