Hutan Rawa Tripa Tersisa 11.504 Hektar

Banda Aceh – Yayasan Ekosistem Leuser (YEL) mencatat sisa hutan rawa tripa hingga April 2012 hanya tinggal 11.504 hektar lagi yang masih utuh. Sementara catatan YEL hingga 26 Desember 2011 lalu hutan rawa tripa masih tersisa 30.000 hektar.

Direktur Konservasi YEL, Ian Singleton mengatakan dari 60.000 hektar luas hutan rawa gambut tripa hanya tersisa 11.504 hektar lagi. Hal tersebut dikarenakan meluasnya pembukaan lahan perkebunan dan meluasnya penggunaan api sehingga tutupan hutan menjadi berkurang.

“Jika kondisi hutan ini terus mengalami kerusakan, maka hutan dengan nilai konservasi tinggi dan orangutan sumatera, tumbuhan dan satwa liar tidak ada lagi hingga akhir tahun 2012,”sebut Ian dalam bahan presentasinya pada seminar lingkungan yang digagas Walhi Aceh di Kantor Bapedal, Jum’at (1/6) tadi siang.

Menurutnya dari tahun 2009-2011 lebih dari 5.000 hektar areal gambut sudah hancur total. Sekitar 100 ekor orangutan sumatera juga mati.

Anehnya lagi selama kurun waktu 4(empat) bulan yakni 26 Desember 2011 – 16 April 2012, YEL mencatat ada 800 hektar lahan gambut rawa tripa yang dibersihkan dan dibakar oleh perusahaan perkebunan yang merupakan habitat orangutan sumatera.

 “Kejadian kebakaran yang terjadi pada Maret 2012 meliputi wilayah yang lebih luas, karena sebelum Januari 2011, pihak perusahaan perkebunan telah membersihkan lahan,” sebut Ian.  

Data tersebut dicatat dengan menggunakan citra satelit landsat 7 terbaru perekaman tanggal 16 April 2012 yang meliputi daerah menunjukkan kembali terjadi pembukaan hutan yang signifikan.

Usai seminar, saat ditemui The Globe Journal, Ian mengatakan  masalah rawa tripa sedang diproses di Jakarta bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Mabes Polri. Sebenarnya kami melihat semua perusahaan yang bermain di rawa tripa itu, semuanya ada masalah pembakaran lahan gambut.

 

(Sumber: The Globe Journal/http://theglobejournal.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s